Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Tips Jaga Kesehatan di Musim PancarobaFoto: thinkstock

Jakarta, Memasuki trend pancaroba, cuaca berubah tidak menentu. Ditambah intensitas angin yang cenderung lebih besar dari biasanya membuat seseorang rentan terkena penyakit.

dr Kevin William Hutomo, dokter umum dari RS Permata Depok, mengatakan bahwa untuk menjaga kondisi badan tetap fit dan terhindar penyakit di trend pancaroba, sebaiknya makan teratur setiap hari. Sebab, sistem imun atau daya tahan badan berasal dari contoh makan. Ketika makan tidak teratur, maka daya tahan badan mengalami penurunan.

"Makan teratur, makan makanan yang sehat dan bergizi, dan tentunya jangan lupa minum vitamin. Itu penting banget," kata dr Kevin.

"Misal buahnya kurang terus sayurannya kurang. Nah pada dikala kita minum vitamin itu kebutuhan vitamin dari badan di back up sama vitamin yang diminum itu. Boleh juga minum obat-obatan imunostimulan atau perangsang sistem imun juga boleh," sambung dr Kevin.

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Sering Sakit di Musim Pancaroba?

Selain memperhatikan asupan, dr Kevin juga menyarankan untuk melalukan olahraga. Namun, apabila tidak punya waktu banyak lantaran sibuk bekerja, mampu menggunakan tangga dikala naik turun lantai. Hal tersebut mampu menstimulasi detak jantung lebih kencang, supaya alhasil sama ibarat berolahraga. Di samping itu, mampu juga melaksanakan peregangan-peregangan kecil di meja kerja.

"Kemudian seringlah melaksanakan acara berjalan semoga makanan yang dimakan itu dilepas menjadi energi. Kaprikornus nggak numpuk, jadi nggak bikin lemak yang dimakan numpuk jadi lemak tubuh, gula yang dimakan nggak numpuk banget gula yang tinggi dalam darah. Kaprikornus dikeluarkan sebagai energi," pesan dr Kevin.

Baca juga: Tips si Cantik Sandra Dewi Cegah Flu Saat Cuaca Tak Menentu


Sumber detik.com