Saran Dokter Agar Terhindar Flu dan Batuk di Musim Pancaroba

Saran Dokter Agar Terhindar Flu dan Batuk di Musim PancarobaFoto: Ari Saputra

Jakarta, Di negara tropis, terlebih di demam isu pancaroba, virus dan basil cenderung lebih mudah untuk berkembangbiak. Artinya, tubuh juga jadi lebih gampang terkena penyakit, termasuk penyakit flu dan batuk. Lantas, biar tak mudah terinfeksi penyakit tersebut, apa yang harus dilakukan?

Disampaikan oleh dr Kevin William Hutomo, dr umum dari RS Permata Depok, biar tidak mudah terkena flu dan batuk. Tentu harus menjaga kesehatan dengan makan teratur, menjaga makanan atau minuman yang dikonsumsi, berolahraga serta minum vitamin.

"Nah khususnya untuk flu, apalagi di demam isu pancaroba ini sering banget kan, jadi kalau sudah merasa tubuh kurang enak, pakai masker, itu preventif saja. Karena mampu saja orang lain bersin nggak ditutup, pada ketika tubuh nggak enak, terus kita membiarkan virus atau basil masuk ke dalam tubuh, itu makin memperburuk kondisi kesehatan kita," terperinci dr Kevin kepada detikHealth.

Baca juga: Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba

"Seharusnya daya tahan tubuhnya sudah melawan bisul dari dalam. Cuma sebab banyak orang lain yang bersin-bersin, virus atau basil dari luar semakin banyak, pas kita lagi nggak fit dan kita membiarkan hal itu ya fisik kita makin drop," tambah dr Kevin.

Kemudian, imbuh dr Kevin, bila ingin bepergian, apalagi menggunakan kendaraan sepeda motor, sebaiknya usahakan membawa jas hujan. Jangan hingga pada ketika turun hujan, tubuh dibiarkan kehujanan atau kedinginan. Karena hal itu akan memperburuk kondisi tubuh.

Selain itu, dr Kevin menyarankan untuk menghindari minum minuman es ketika udara sangat panas khususnya yang sangat manis maupun sirup. Sebab kandungan gula yang lebih tinggi mampu membantu basil jahat berkembang di jalan masuk pernapasan atas.

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Sering Sakit di Musim Pancaroba?


Sumber detik.com