Kampanyekan Hidup Sehat, 30 Orang Akan Gowes 3.000 Km Sabang-Jakarta

Kampanyekan Hidup Sehat, 30 Orang Akan Gowes 3.000 Km Sabang-JakartaKampanyekan hidup sehat, 30 orang akan gowes 3.000 Km Sabang-Jakarta/Foto: IndoHCF

Jakarta, Menyambut Hari Kesehatan Nasional ke-53, 30 pegowes akan bersepeda dari Sabang menuju Jakarta dengan jarak tempuh hampir 3.000 km. Aktivitas ini membawa pesan perihal hidup sehat.

Kegiatan bertajuk IndoHCF-Koseindo Tour De'Sabang-Jakarta 3000K Indonesia Sehat yang melibatkan Klub Gowes Komunitas kesehatan Indonesia (Koseindo) dan Indonesia Healthcare Forum (IndoHFC) ini akan dimulai di Km NOL di Sabang, pada Sabtu (14/10/2017). Para pegowes dijadwalkan finis di Jakarta, sempurna pada perayaan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November 2017.

"Kita ingin mendukung suksesnya Hari Kesehatan Nasional, sekaligus mengajak masyarakat melaksanakan rujukan hidup bersih dan sehat serta mengajak pelbagai Instansi Pemerintah dan swasta baik di tingkat sentra maupun tempat untuk memanfaatkan kegiatan ini sebagai kampanye pelbagai kegiatan Kesehatan Nasional," kata Ketua Umum Koseindo, Supriyantoro dalam rilis yang diterima detikHealth.

Kampanyekan Hidup Sehat, 30 Orang Akan Gowes 3.000 Km Sabang-JakartaMenyambut Hari Kesehatan Nasional ke-53, 30 pegowes akan bersepeda dari Sabang menuju Jakarta/Foto: IndoHCF


Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Olahraga Sepeda

Rute sejauh hampir 3.000 km akan dibagi menjadi 20 etape dan dikelompokkan lagi menjadi 3 grup etape. Grup etape A melintasi Sabang – Tebing Tinggi sejauh 935,7 KM, group etape B dengan rute Tebing Tinggi – Jambi sejauh 1.104,7 KM, dan group etape C ialah Jambi – Jakarta memiliki jarak tempuh 880,7 KM.

Sepanjang perjalanan, para pegowes akan singgah di puskesmas dan rumah sakit yang menjadi titik start maupun finish di setiap etape. Penghargaan akan diberikan pada 5 pegowes dengan jarak tempuh paling jauh.

Baca juga: Naik Sepeda Seperti Ini, Mungkin Perut Bakal Cepat Sixpack



Sumber detik.com