5 Penyebab Berat Badan Susah Turun Meski Rajin Olahraga

5 Penyebab Berat Badan Susah Turun Meski Rajin OlahragaFoto: thinkstock

Jakarta, Memikirkan berat tubuh yang tidak turun-turun memang bikin frustrasi. Rajin olahraga bukan jaminan berat tubuh akan ideal, selama masih melaksanakan kesalahan-kesalahan ini.

Selain faktor acara fisik, dalam hal ini olahraga, nutrisi juga besar pengaruhnya pada berat badan. Asupan kalori yang lebih tinggi dibandingkan pembakarannya, terang tidak menguntungkan bagi yang ingin kurus.

Namun dari olahraganya sendiri, ada juga beberapa kesalahan yang perlu dikoreksi.

1. Gerakan kurang variatif
Ketika olahraga, banyak orang berfokus pada satu jenis gerakan. Misalnya untuk mengecilkan perut, sepanjang hari hanya melaksanakan sit up. Gerakan ini memang sangat terfokus pada otot perut, alasannya yaitu mengisolasi gerakan otot tersebut. Tentu sangat efektif. Namun dalam hal pembakaran kalori, jauh lebih efektif jikalau melibatkan kelompok otot lainnya dengan menambahkan gerakan lain sebagai variasi.

2. Intensitas tidak meningkat
Tubuh insan sangat pintar melaksanakan adaptasi, termasuk otot dan sistem saraf. Hanya dalam 6-8 pekan, olahraga seakan kehilangan manfaatnya jikalau dilakukan dengan intensitas yang sama. Pada titik tersebut, akan terjadi plateau. Berat tubuh tidak lagi turun, seperti mentok. Untuk mengatasinya, secara bertahap intensitas harus selalu ditingkatkan.

Baca juga: Olahraga alasannya yaitu Ingin Sehat, Wanita Gemuk Ini Malah Di-bully

5 Penyebab Berat Badan Susah Turun Meski Rajin OlahragaFoto: thinkstock


3. Fokus hanya pada kardio
Latihan kardiovaskular memang memperabukan banyak kalori. Maka tidak heran pada pelari dan pesepeda tubuhnya ramping-ramping. Namun jangan mengharapkan tubuh akan seramping itu jikalau hanya mengandalkan olahraga kardio. Menambahkan sesi latihan beban akan meningkatkan massa otot, yang artinya juga meningkatkan konsumsi energi dari pembakaran kalori.

4. Meremehkan istirahat
Istirahat yaitu adegan penting dari latihan. Olahraga dalam kondisi otot letih tidak akan pernah memperlihatkan hasil maksimal. Butuh rehat untuk memberi kesempatan sel-sel otot memperbaiki diri dari kerusakan, semoga berfungsi optimal pada sesi latihan berikutnya.

5. Tidak konsisten
Olahraga berat di final pekan, pasti akan memperabukan banyak kalori. Tapi jangan berharap berat tubuh akan turun dengan serta merta, jikalau enam hari berikutnya lebih banyak duduk di depan komputer. Efek olahraga terhadap laju metabolisme akan segera hilang jikalau tidak dijalankan secara rutin.

Baca juga: Keren! Foto-foto Wanita Gemuk Lakukan Pose Yoga


Sumber detik.com