Berangkat!! Puluhan Peserta Gowes Sepeda 3.000 Km Sabang-Jakarta

Berangkat!! Puluhan Peserta Gowes Sepeda 3.000 Km Sabang-JakartaPeserta Tour De'Sabang-Jakarta 30K. (Foto: dok.)

Jakarta, Menyambut Hari Kesehatan Nasional beberapa puluh orang yang terdiri dari Klub Gowes Komunitas kesehatan Indonesia (Koseindo) dan Indonesia Healthcare Forum (IndoHFC) mengadakan kegiatan Tour De'Sabang-Jakarta 3000K. Mereka akan menggowes sepeda menempuh jarak 3.000 kilometer (km) dimulai dari Sabang dan berakhir di Jakarta.

Pada hari Minggu (15/10) Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch Fahruddin telah melepas rombongan yang pertama di lapangan Makesdam Iskandar Muda. Ada tiga grup yang akan menempuh total 20 etape mulai dari grup A Sabang-Tebing Tinggi (935,7 km) grup B Tebing Tinggi-Jambi (1.104,7 (km), dan grup C Jambi-Jakarta (880,7 km).

Baca juga: Kampanyekan Hidup Sehat, 30 Orang Akan Gowes 3.000 Km Sabang-Jakarta

"Tahes, tahes, tahes," teriak Mayjen TNI Moch Fahruddin yang disambut dengan tanggapan "Sehat, sehat, sehat," oleh para peserta.

Rombongan terakhir rencananya akan hingga di Jakarta sempurna pada perayaan Hari Kesehatan Nasional 12 November 2017 dan disambut oleh Menteri Kesehatan RI Profesor Dr dr Nila Moeloek, SpM(K).

Menurut Ketua Umum Koseindo Supriyantoro selama perjalanan akseptor tur akan mempromosikan kesadaran masyarakat dalam perilaku hidup sehat lewat olahraga ramah lingkungan. Selain itu juga tur mampu memperkenalkan potensi alam, budaya, dan tabiat istiadat mulai dari Sabang hingga Jakarta.

Pada setiap titik perhentian tim telah menyiapkan perlengkapan promosi dan paket santunan untuk kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dari kemenkes, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS, dan Keluarga Berencana (KB) dari BKKBN.

"Tim inti merupakan anggota Komunitas Kesehatan Indonesia (Koseindo) yang pengalaman menggowes ribuan kilometer. Mereka bukan hanya duta Koseindo tetapi duta kesehatan yang mengkampanyekan kegiatan kesehatan," kata Supriyantoro dalam rilis yang diterima detikHealth.

Peserta tur mempromosikan kegiatan kesehatan.Peserta tur mempromosikan kegiatan kesehatan. (Foto: dok.)


Baca juga: Naik Sepeda Seperti Ini, Mungkin Perut Bakal Cepat Sixpack
Sumber detik.com