Konsumsi Brokoli Setiap Hari Bermanfaat Bagi Kesehatan Usus

Konsumsi Brokoli Setiap Hari Bermanfaat Bagi Kesehatan UsusKonsumsi brokoli setiap hari bermanfaat bagi kesehatan usus/Foto: GettyImages

Jakarta, Apakah Anda punya duduk perkara pada usus, ibarat duduk perkara pencernaan atau radang usus besar? Jika ya, mulailah dari sekarang untuk mengonsumsi brokoli setiap hari. Pasalnya sayuran hijau yang satu ini dapat membantu menjaga kesehatan usus Anda.

Dilansir dari Indian Express, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Fungsional Foods menyebutkan bahwa sayuran yang mengandung cruciferous ibarat brokoli, brussels sprouts dan kubis mengandung senyawa kimia organik yang selanjutnya berfungsi memelihara flora usus tetap sehat dan menjaga kekebalan tubuh.

Fungsi penghalang usus yang baik dari susukan gastrointestinal juga membantu melindungi usus dari racun dan mikroorganisme berbahaya, sekaligus membiarkan nutrisi masuk ke dalam sistem.

Baca juga: Punya Risiko Kanker Usus Besar? Makanan Ini Bisa Kaprikornus Penangkalnya

"Ada banyak alasan mengapa kita ingin mengeksplorasi kesehatan gastrointestinal dan satu alasan yakni jikalau Anda memiliki masalah, ibarat usus yang bocor, yang kemudian dapat mengakibatkan kondisi lain, ibarat radang sendi dan penyakit jantung," kata Gary Perdew, Profesor di Pennsylvania State University di AS.

"Menjaga kesehatan Anda tetap sehat dan memastikan Anda memiliki fungsi penghalang yang baik sehingga Anda tidak menerima efek bocor yang sangat besar," tambahnya.

Untuk keperluan penelitian tersebut, para peneliti melaksanakan tes pada tikus, yang menawarkan bahwa tikus dengan diet komplemen brokoli lebih bisa menoleransi duduk perkara pencernaan yang serupa dengan gejala radang usus besar atau kolitis daripada yang tidak melakukannya.

Selain menjaga kesehatan usus, brokoli juga dapat membantu mencegah penyakit kanker dan penyakit Crohn (penyakit radang usus kronis). Bahkan penelitian sebelumnya telah mengatakan bahwa brokoli juga dapat membantu mengatur diabetes dan mengurangi risiko kanker prostat.

Baca juga: Selain Enak, Makan Cokelat Juga Bisa Kurangi Penyakit Usus
Sumber detik.com