Studi: Pernikahan Harmonis, Kesehatan Jantung pun Membaik

Studi: Pernikahan Harmonis, Kesehatan Jantung pun MembaikSemakin baik korelasi pernikahan, maka akan semakin baik pula kesehatan jantung. Foto: thinkstock

Jakarta, Pernikahan yang baik tentunya akan mendatangkan manfaat yang baik pula dalam hubungannya, tidak terlepas juga pada kesehatannya. Baru-baru ini, ada penelitian yang mengaitkan menikah dengan kesehatan jantung.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology & Community Health menawarkan orang yang memiliki kualitas ijab kabul yang baik, cenderung memiliki kesehatan jantung yang baik pula.

Lebih dari dua ribu orang diikutsertakan dalam penelitian ini selama enam tahun. Hasilnya, pria yang mengaku memiliki korelasi ijab kabul yang baik selama bertahun-tahun memiliki kolesterol jahat (LDL) yang lebih rendah.

Baca juga: Risiko Kesehatan di Balik Tren Nikah Muda

Sedangkan orang yang korelasi pernikahannya memburuk berakhir dengan tekanan darah yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki korelasi ijab kabul yang baik-baik saja.

Bahkan dikala dilakukan pemeriksaan tekanan darah, detak jantung, indeks massa tubuh, kadar kolesterol, dan kadar gula darah, semuanya menawarkan adanya faktor risiko penyakit jantung.

Namun, peneliti menegaskan bahwa hasil itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, ibarat usia, pendidikan, dan ekonomi selama itu.

"Penelitian lebih lanjut perlu untuk menentukan apakah konseling perkawinan itu efektif, atau jikalau sesuai, meninggalkan korelasi yang memburuk dapat memiliki manfaat kesehatan fisik jangka panjang dan kesejahteraan psikologis," tulis peneliti dikutip dari TIME.

Baca juga: Lajang Vs Menikah, Mana yang Lebih Sehat bagi Pria?



Sumber detik.com