Olahraga Bisa Redakan Stres, Bahkan Tanpa Harus Berkeringat

Olahraga Bisa Redakan Stres, Bahkan Tanpa Harus BerkeringatFoto: thinkstock

Jakarta, Berbagai penelitian telah mengambarkan bahwa olahraga mampu melepas endorfin, yang populer disebut hormon bahagia. Dan hebatnya, tidak perlu hingga berkeringat untuk menerima efek tersebut.

Sebuah penelitian di University of New South Wales membuktikan, hanya butuh total waktu 1 jam tiap pekan untuk meredakan stres lewat olahraga. Jika diambil rata-rata, maka berarti tidak hingga 10 menit tiap hari. Bagi sebagian orang, mungkin belum hingga berkeringat.

"Ini pertama kali kami mampu mengkuantifikasi potensi pencegahan dari acara fisik, dalam hal mengurangi tingkat depresi," kata Dr Samuel Harvey yang memimpin penelitian ini, dikutip dari Livescience.

Baca juga: Rahasia Awet Muda: Makan Sehat, Olahraga, dan Harus Happy

Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Psychiatry ini menggunakan data yang cukup besar. Data yang dipakai berasal dari sekitar 34.000 orang berakal balig cukup akal di Norwegia antara tahun 1984 hingga 1997.

Temuan lain yang terungkap ialah bahwa orang-orang yang tidak pernah olahraga punya risiko 44 persen lebih tinggi untuk mengalami depresi. Sedangkan orang-orang yang menyempatkan diri olahraga 1 jam tiap pekan, punya risiko depresi 12 persen lebih rendah.




Baca juga: Kesalahan-kesalahan yang Bikin Perut Tak Pernah Bisa Six Packs


Sumber detik.com