Seberapa Besar Sih Risiko Pengapuran Arteri akibat Olahraga Berlebihan?

Seberapa Besar Sih Risiko Pengapuran Arteri jawaban Olahraga Berlebihan?Ilustrasi olahraga (REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

Jakarta, Sebuah penelitian di Mayo Clinics Proceedings mengungkap risiko coronary artery calcification (CAC) pada pria yang melaksanakan kegiatan fisik berlebihan. Ini mampu membuat was-was mereka yang senang olahraga.

Dalam penelitian itu, disebutkan bahwa pria yang berolahraga selama 7,5 jam dalam sepekan punya risiko 86 persen lebih besar untuk mengalami CAC atau pengapuran arteri jantung. Plak terbentuk di pembuluh darah jawaban stres yang dipicu kegiatan fisik berlebihan.

Para ilmuwan yang melaksanakan penelitian ini mengakui ada beberapa faktor yang tidak dievaluasi dan menjadi keterbatasan dalam penelitian ini. Karenanya, ditegaskan bahwa temuan ini tidak untuk menakut-nakuti orang yang senang olahraga.

Sementara itu, Dr Deepak Bhatt dari Brigham and Women's Hospital di Boston juga memperlihatkan pendapat senada. Menurutnya, hasil penelitian ini tidak berlaku pada hampir semua orang.

"Sebagian besar orang tidak hingga pada rentang olahraga yang demikian," katanya, dikutip dari health.com.

Baca juga: Tips Sehat Ala Wapres JK: Bergerak dan Menikmati Semua Hal

Sebaliknya, menurut Dr Bhatt orang-orang di Amerika Serikat justru lebih banyak yang tidak aktif secara fisik. Jangankan berlebihan, mendekati proposal organisasi kesehatan dunia (WHO) sebanyak 30 menit sehari pun sulit dipenuhi.

Dalam penelitian tadi, disebutkan bahwa risiko CAC meningkat pada pria yang berolahraga 7,5 jam sepekan. Artinya kalau diambil rata-rata maka mereka berolahraga lebih dari 1 jam dalam sehari, selama 7 hari penuh tanpa jeda istirahat.

Baca juga: Berlebihan Olahraga Juga Berbahaya, Ini Batasannya


Sumber detik.com