5 Manfaat Kesehatan Habiskan Waktu di Luar Ruangan

5 Manfaat Kesehatan Habiskan Waktu di Luar RuanganBeraktivitas di luar ruangan bisa membuat seseorang jadi lebih sehat. Foto: Thinkstock

Jakarta, Banyak yang bilang orang yang stres butuh piknik. Memang, terlalu banyak menghabiskan waktu di rumah, kantor, atau wilayah yang sempit kurang menyehatkan untuk fisik dan mental kita. Anda harus sering pergi ke luar ruangan untuk dapatkan banyak manfaat kesehatan.

Hal ini bukan hanya pendapat orang semata, studi ilmiah pun telah banyak menandakan manfaat kesehatan sering pergi ke luar ruangan. Berikut lima di antaranya, menyerupai dilansir dari Thehealthsite, Kamis (12/10/2017).

1. Interaksi dengan alam mengurangi stres
Stres telah diketahui sebagai banyak dari pemicu penyakit. Makara semakin banyak waktu yang Anda habiskan di tengah alam terbuka, Anda akan semakin sehat. Studi, yang dipublikasikan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health 2013, misalnya mengatakan bahwa kegiatan menyerupai berkebun bisa mengurangi kadar kortisol dan meningkatkan kesehatan.

2. Meningkatkan kesejahteraan mental
Kesejahteraan mental tentunya jauh lebih penting dari kesejahteraan materi. Studi lain menandakan bahwa suasana hati, harga diri, dan kesehatan psikologis secara umum akan meningkat bila Anda sering menghabiskan waktu di luar ruangan. Bermain dengan alam juga bisa mengatasi kecemasan dan depresi pada masyarakat kota yang kebanyakan terkungkung dalam gedung bertingkat, kata studi berjudul "The benefits of nature experience: Improved affect and cognition".

Baca juga: Untung Rugi Olahraga di Luar Ruangan Saat Sedang Turun Hujan

3. Meningkatkan kemampuan kognitif
Singkatnya, sering menghabiskan waktu di luar ruangan akan membuat Anda lebih pintar. Sebuah penelitian di Finlandia menawarkan bahwa berlari dan bermain di alam bebas yang rupawan dapat meningkatkan prestasi akademik pada bawah umur usia sekolah.

4. Mengurangi angka kejadian rabun jauh
Kelainan refraksi mata menyerupai miopia atau rabun jauh umumnya disebabkan kurangnya paparan sinar matahari. Padahal, paparan cahaya alami di awal kehidupan bisa melindungi bawah umur dari perkembangan miopia. Oleh karenanya, membiarkan bawah umur bermain di luar ruangan lebih bagus daripada hanya di dalam rumah dan menatap gadget.

5. Alam terbuka mempercepat kesembuhan
Selain mencegah perburukan kondisi, menikmati pemandangan luar ruangan menyerupai alam terbuka akan membantu mereka yang sakit supaya lebih cepat sehat. Sebuah studi dilakukan pada pasien yang telah melaksanakan operasi dan menemukan bahwa pasien yang dirawat di ruangan dengan jendela terbuka sembuh lebih cepat.

Baca juga: Main di Luar Ruangan Bisa Bantu Anak Terhindar dari Rabun Jauh
Sumber detik.com