Ini Dampak Terberat Suka Cabut Bulu Hidung

Ini Dampak Terberat Suka Cabut Bulu HidungWaxing bulu hidung ibarat yang dilakukan wanita ini tidak dianjurkan. (Foto: Instagram)

Jakarta, Beberapa orang memiliki bulu hidung yang lebat dan panjang. Tak sedikit dari mereka yang kemudian membuatkan kebiasaan mencabut bulu hidung atau niat merapikan penampilan dengan melaksanakan waxing dan semacamnya.

Tapi, tanpa banyak disadari, kebiasaan tersebut juga berisiko, loh. Dikatakan dokter seorang andal Tenggorokan Hidung Telinga (THT), dr. Rini Febrianti, Sp.THT-KL, dampak terburuk dari mencabut bulu hidung yaitu infeksi hingga menjadi abses.

"Tindakan mencabut bulu hidung, khususnya yang hingga membuat akar terbuka, itu mampu memicu infeksi. Paling berat itu hingga infeksi dengan keluhan hidung sudah bernanah. Kalau sudah hingga demikian, mampu perlu tindakan operasi," tuturnya.

Baca juga: Hati-hati! Salah Perawatan, Bulu Hidung Bisa Picu Mimisan

Dokter yang berpraktik di Kota Banjar ini, kepada DetikHealth baru-baru ini memang tidak banyak menemukan pasien dengan kasus paling parah tersebut. Tapi, ia mengingatkan supaya hati-hati dalam merapikan bulu hidung.

"Kalau bulu hidung terlalu panjang hingga keluar, lebih baik digunting sebatas muara lubang hidung. Kalau waxing hingga mulus enggak dianjurkan ya, alasannya yaitu bulu hidung punya fungsi yang penting," pesannya.

Adapun fungsi bulu hidung yang dimaksud yaitu untuk menyaring kotoran dari udara yang dihirup. Selain itu juga melembabkan rongga hidung supaya tidak teriritasi.

Baca juga: Bukan Dikorek, Begini Cara Sehat Membersihkan Upil Menurut Dokter
Sumber detik.com