Mengapa Seseorang Bisa Mengalami Alergi Obat?

Mengapa Seseorang Bisa Mengalami Alergi Obat?Selebgram Ria Ricis disebut-sebut mengalami alergi obat sampai dilarikan ke rumah sakit. Simak penjelasan soal alergi obat berikut ini. Foto: instagram/riaricis1795

Jakarta, Selebgram Ria Ricis disebut-sebut mengalami alergi obat sampai dilarikan ke rumah sakit. Dalam postingannya di instagram baru-baru ini, pemilik nama asli Ria Yunita yang juga adik kandung artis Oki Setiana Dewi ini nampak difoto sedang berada di atas daerah tidur pasien dalam keadaan diinfus.

Beredar kabar bila Ria mengalami alergi obat yang membuat suaranya serak dan wajahnya bengkak. Lalu sebenarnya, mengapa obat yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit justru mampu membuat seseorang mengalami alergi?

Baca juga: Ini Sebabnya Alergi Obat Bisa Bikin Kulit Melepuh dan Mengelupas

Situs WebMD menyebut alergi obat terjadi ketika sistem kekebalan badan salah menangkap obat yang masuk ke badan sebagai infeksi atau zat berbahaya. Akibatnya, sistem kekebalan badan mengeluarkan hormon histamin dalam jumlah besar untuk menangkal obat.

Tingginya kadar histamin inilah yang membuat seseorang mengalami gejala alergi. Beberapa gejala yang umumnya muncul ketika alergi obat yaitu sakit perut, gatal-gatal, muncul ruam merah di kulit sampai tenggorokan dan wajah yang membengkak.

Dikutip dari jurnal Nature Reviews Immunology, sistem kekebalan badan selalu bekerja untuk mencari bakteri, virus, benalu dan zat-zat beracun lainnya yang ada di dalam badan untuk dikeluarkan.

Pada orang-orang tertentu, sistem kekebalan badan mengalami kesalahan dalam membaca substansi obat yang fungsinya menyembuhkan, dan dianggap sebagai ancaman bagi tubuh.

"Respons terhadap ancaman inilah yang membuat badan mengalami gejala alergi. Sebabnya, zat dan substansi yang dianggap ancaman tidak memiliki reaksi terhadap sistem kekebalan tubuh, dan kesannya sistem kekebalan badan menyerang sel-sel sehat, sampai menimbulkan ruam merah atau bengkak," papar peneliti.

Baca juga: Tak Cepat Diobati, Gatal di Kulit Akibat Alergi Obat Bisa Sebabkan Kematian


Sumber detik.com