Pastikan Berat Badan Ideal untuk Ikut Ajakan Berlari di Kantor

Pastikan Berat Badan Ideal untuk Ikut Ajakan Berlari di KantorAjakan berlari di kantor memang baik, tapi ada prasayat yang harus diketahui. Foto: Thinkstock

Jakarta, Ajakan berlari di kantor yang pernah digaungkan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno memang baik. Tapi, ada syarat yang harus diketahui sebelum memulai biar aman dilakukan, termasuk memiliki berat tubuh ideal.

Menurut pelatih kebugaran dan andal gizi Jansen Ongko, memiliki berat tubuh ideal penting untuk memastikan risiko dari acara berlari berkurang.

"Kelebihan berat tubuh atau obesitas meningkatkan risiko gangguan persendian yang berpotensi terjadi jawaban eksklusif berlari," ungkap Jansen, dikala diwawancarai detikHealth di Fitness Embassy, di Jakarta, pada Selasa (17/10/2017).

Baca juga: Lari ke Kantor Tak Bisa Asal-asalan, Ini Risikonya Jika Memaksakan Diri

Berat tubuh yang ideal ialah berat tubuh yang memiliki komposisi lemak tubuh ideal. Jika komposisi lemak tubuh ideal, maka risiko dari berlari akan berkurang dan sebaliknya.

"Pastikan berat tubuh berada di tingkat normal. Indeks berat tubuh rerata lebih dari 10 persen ke atas termasuk obesitas. Kalau demikian tidak dizinkan eksklusif berlari alasannya ialah mampu membahayakan persendian. Juga tergantung jarak, jika semakin jauh berlari maka semakin tinggi risikonya," terperinci Jansen.

Untuk itu, sebelum mencoba tantangan atau gaya hidup berlari, mereka yang memiliki berat tubuh berlebih baiknya menjalani latihan untuk menurunkan berat tubuh yang baik dan mengatur contoh makan sebagai solusi untuk sehat, selain berlari.

Baca juga: Siap-siap, Seminggu Sekali Lari ke Kantor!
Sumber detik.com