5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat PMS

5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat PMSIni 5 makanan yang harus dikonsumsi ketika PMS. Foto: ilustrasi/thinkstock

Jakarta, Saat pramenstruasi, setiap wanita pasti mencicipi PMS atau premenstrual syndrome disertai dengan gejala perut kembung, tubuh pegal-pegal, payudara terasa sakit, mudah marah, doyan makan, dan lainnya.

Hampir semua wanita pernah mengalami itu. Dilansir dari sheknows.com, semua itu mampu diatasi dengan beberapa makanan bergizi yang dapat membuat tubuh jadi lebih baik.

1. Sayuran berdaun hijau

Menurut dr Christine O'Connor dari The Gynecology Centre, sayuran hijau menyerupai bayam, kangkung, kale, brokoli, dan lainnya dapat memberi manfaat bagi tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama.

Tidak hanya kaya akan vitamin, sayuran hijau juga kaya akan serat tinggi yang dapat membantu problem pencernaan yang sering dikaitkan dengan siklus menstruasi.

Baca juga: Cara Atasi Sakit di Payudara Saat Menstruasi

2. Kacang-kacangan

Kacang mampu dijadikan makanan kudapan ketika mood berantakan. "Makanan yang kaya akan lemak baik atau omega-3, menyerupai kacang-kacangan dapat membantu," Kata dr O'Connor.

3. Buah-buahan

Tentulah buah ialah makan ringan yang sehat yang dapat membantu mengatasi problem sistem pencernaan ketika PMS. Jangan ragu untuk menyantap buah kesukaanmu demi kesehatan susukan pencernaan.

4. Gandum

Sama halnya dengan buah, gandum mampu membantu tetap bugar walau dalam masa menstruasi. Gandum mengandung banyak serat dan karbohidrat kompleks, yaitu vitamin dan mineral.

Baca juga: Sakit Berlebih Saat PMS? Ini 5 Tips untuk Meredakan

5. Daging merah

Saat menstruasi, penting sekali meningkatkan asupan zat besi yang mampu didapat dari daging merah.

"Makanan tinggi zat besi mampu membantu menghindari anemia dan gejala yang mampu menyertainya. Wanita yang makan daging merah akan mampu menerima cukup zat besi dari makanan," kata dr Sharon R. Thompson dari Pusat Obstetri dan Ginekologi di Central Phoenix.
Sumber detik.com