Di Sulut Ada Posyandu Cerdas, Seperti Apa Ya?

Di Sulut Ada Posyandu Cerdas, Seperti Apa Ya?Foto: Widiya Wiyanti

Manado, Selama ini kita mengenal pos pelayanan terpadu atau yang disebut posyandu yakni tempat untuk memeriksakan kesehatan bayi sampai balita secara rutin dan berkala, serta salah satu tempat pelayanan untuk menunjukkan imunisasi kepada anak-anak.

Tapi, tahukan Anda bahwa di Manado, Sulawesi Utara terdapat posyandu cerdas? Yaitu posyandu komprehensif yang telah menerapkan prinsip rumah desa sehat yang diusung oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Ditemui dalam kunjungannya ke Posyandu Cerdas Mawar di Kelurahan Kleak, Kecamatan Malalayang, Manado, Kamis (19/10/2017), Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr Anung Sugihantono, MKes menjelaskan bahwa prinsip rumah desa sehat itu yakni salah satu bangunan mampu digunakan untuk beberapa kegiatan.

"Rumah atau bangunan yg dipakai untuk aktivitas ukbm (upaya kesehatan bersumberdaya manusia) dalam satu wilayah tertentu, mampu kelurahan, mampu dusun, dan sebagainya. Kaprikornus kita bukan fokus bangunan fisiknya, tapi fungsinya semacam ini," ujarnya.

Posyandu cerdas ini difungsikan untuk beberapa kegiatan, antara lain untuk pendidikan anak usia dini (PAUD), posyandu, prolansia, dan puskesmas keliling. Semua aktivitas di adakan dalam waktu yang berbeda.

Baca juga: Kisah Wanita Tangguh Layani Ibu Hamil di Pelosok Sulsel

"Makanya setiap hari dipakai PAUD, sebulan sekali dipakai untuk aktivitas posyandu. Puskesmas juga disini memperluas pelayanan, katakan menyerupai puskesmas keliling. Lansia sudah bergabung ke sini," imbuh dr Anung.

Menurut dr Anung, sudah 80 persen masyarakat di kelurahan ini yang ikut serta dalam aktivitas di posyandu cerdas. Sayangnya, posyandu cerdas menyerupai ini belum terdapat merata di seluruh kawasan di Indonesia.

"Biasanya di perkotaan di Solo, di sini, di Jakarta pun belum banyak yang menyerupai ini alasannya keterbatasan tempat dan ruangan," tutupnya.

Foto: Widiya Wiyanti


Baca juga: Suka Duka dr Milka Ajari Masyarakat di Tembagapura Pola Hidup Sehat

Foto: Widiya Wiyanti

Sumber detik.com