Alasan untuk Tidak Sarapan Donat di Pagi Hari

Alasan untuk Tidak Sarapan Donat di Pagi HariFoto: iStock

Jakarta, Banyak orang berpikir makan apapun di pagi hari lebih baik daripada tidak sama sekali. Akibatnya, banyak sekali bentuk makanan sering dilahap untuk mengisi perut, terutama makanan manis menyerupai donat yang banyak dijual di pasaran.

Sarapan yakni waktu makan yang penting dipenuhi untuk menaikkan energi, juga untuk kurangi nafsu makan di siang hari.

"Jika Anda melewatkan sarapan pagi, kemungkinan besar Anda akan membuat pilihan makanan yang buruk di kemudian hari alasannya Anda lapar," kata Paul Gately, seorang profesor olahraga dan obesitas di Universitas Leeds Beckett, menyerupai dikutip dari Dailymail, Kamis (12/10/2017).

Baca juga: Mau Turun Berat Badan? Jangan Lupa Tetap Sarapan dan Pilih Menu Tepat

Namun, kalau Anda memulai hari dengan donat atau kudapan manis manis, misalnya, Anda hanya akan menerima lonjakan gula darah dan makanan manis ini kebanyakan tidak memiliki manfaat nutrisi yang nyata.

"Bagi mereka yang mencoba mengikuti diet sehat, makan makanan manis di pagi hari mampu membuat hari mereka buruk. Sementara itu, beberapa orang mungkin mewajarkan kebiasaan makan mereka yang salah. Kalau sudah begitu, saya akan mengatakan lebih baik menghindari sarapan yang tidak sehat ketika sarapan dan berjanji untuk makan siang lebih awal dan sehat," tuturnya.

Pekan lalu, sebuah studi di Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa orang-orang yang tidak sarapan atau sarapan dengan makanan rendah energi setiap hari lebih cenderung mengalami pengerasan arteri.

Para periset mengatakan bahwa tidak makan sarapan merupakan indikasi gaya hidup yang tidak sehat, namun mereka menambahkan: "Penelitian ini memperlihatkan bukti bahwa ini yakni salah satu kebiasaan buruk yang dapat dilakukan secara proaktif untuk mengurangi risiko penyakit jantung," pungkasnya.

Baca juga: Jam Sarapan, Makan Siang dan Malam yang Dianjurkan Ahli Gizi


Sumber detik.com