Makan Upil Baik Bagi Kesehatan? Ini Kata Ahli THT

Makan Upil Baik Bagi Kesehatan? Ini Kata Ahli THTKata andal THT soal upil mampu berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh/Foto: thinkstock

Jakarta, Rasanya memang tak lazim saat seseorang mengorek upil lalu memakannya. Entah sekadar iseng-iseng atau untuk alasan kesehatan. Namun, alasan kedua sempat dibenarkan oleh teori dari seorang dokter seorang andal paru-paru asal Austria, Prof Dr Friederich Bischinger, pada tahun 2004 yang menyarankan orang untuk makan upilnya sendiri alasannya diklaim mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Meski upil yaitu suatu kotoran yang harus dibuang dan bukan untuk dikonsumsi. Namun menurut Prof Bischinger mengupil dengan menggunakan jari-jari sendiri yaitu sesuatu yang sehat, menyenangkan dan lebih sesuai dengan badan manusia.

"Makan upil kering yaitu cara yang cantik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Secara medis itu masuk logika dan hal yang wajar untuk dilakukan. Dalam sistem kekebalan, hidung yaitu filter yang menyaring banyak basil menjadi satu dan saat campuran ini tiba di usus akan bekerja menyerupai obat," kata Prof Bischinger beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kata Peneliti, Makan Upil Baik untuk Kesehatan Gigi

Terkait soal fungsi upil tersebut, detikHealth meminta komentar kepada dokter seorang andal telinga, hidung, dan tenggorokan, yakni dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes dari RS Permata Depok. Ia menyebut bahwa sesungguhnya bukan upilnya, melainkan selaput lendir yang berfungsi membantu menjaga udara masuk ke rongga hidung.

"Tapi jikalau fungsi upilnya sendiri ada literatur yang bilang, ia memang sesungguhnya berfungsi sebagai sistem kekebalan jikalau dikonsumsi. Tapi saya belum search lebih jauh ihwal fungsinya," pungkas dr Linda.

Baca juga: Hidung Selalu Penuh Upil, Ini Dia Berbagai Kemungkinan Penyebabnya
Sumber detik.com