Naik Turun 1.000 Anak Tangga, Rahasia Bugar dan Awet Muda Oma Elen

Naik Turun 1.000 Anak Tangga, Rahasia Bugar dan Awet Muda Oma ElenSebagai pemandu wisata Oma Elen masih berpengaruh untuk menaiki dan menuruni tangga lebih dari 1.000 anak tangga setiap harinya. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth

Kanonang, Sebagai pemandu wisata di Bukit Kasih, Desa Kanonang, kecamatan Kawangkoan, Minahasa, Sulawesi Utara, Elen masih berpengaruh untuk menaiki dan menuruni tangga lebih dari 1.000 anak tangga setiap harinya.

Kepada detikHealth, Elen mengatakan bahwa pekerjaannya itu membuat tubuhnya tetap sehat dan bugar di usia 49 tahun. Kebiasaan turun naik lebih dari 1.000 anak tangga membuat berat badannya turun.

Baca juga: Ngos-ngosan Saat Naik Tangga? Lakukan Ini untuk 'Amankan' Jantung

"Tak capek, sudah terbiasa ini kan dari tahun 2000, kayak pergi di kebun. Sehari mampu hingga tiga kali," ujarnya, Jumat (20/10/2017).

Ia mengaku ketika usia 30-an, berat badannya mencapai 73 kilogram. Setelah melaksanakan kebiasaan tersebut setiap hari, berat badannya turun hingga 57 kilogram.

Selain itu, Elen juga gemar mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Hal itu dia lakukan untuk mencegah munculnya beberapa penyakit.

"Buah, lebih rupawan buah macam apel, itu kasih oma kuat, berpengaruh hingga ke atas. Selalu makan sayur setiap hari," jelasnya.

Baca juga: Begini Lho Cara Bakar Kalori Lebih Banyak Saat Naik Tangga
Sumber detik.com