Bebas dari Kanker, Pola Hidup Ethan Zohn Makin Sehat

Bebas dari Kanker, Pola Hidup Ethan Zohn Makin SehatBebas dari kanker, contoh hidup Ethan Zohn makin sehat/Foto: Aisyah Kamaliah

Jakarta, Usai dinyatakan remisi dari kanker limfomanya, Ethan Zohn mantan pemain sepak bola profesional sekaligus bintang terkenal Amerika pun mengaku lebih menjaga hidupnya yang sudah sehat menjadi jauh lebih sehat.

Hal itu alasannya yakni ketakutan terkena kanker kembali selalu menghantuinya.

"Yang terpenting, contoh hidup sehat dan diet seimbang," kata Ethan di sela program Cancer Information & Support Center (CISC), Rabu (11/10/2017).

Ia menuturkan, dia memperbanyak konsumsi sayur-sayuran, khususnya yang berwarna hijau. Ia juga mengonsumsi makanan dengan protein tinggi.

Baca juga: Terapi Unik, Penyintas Kanker Payudara Dibuatkan Tato Puting

"Sesekali memakan daging merah enggak apa-apalah, asal bebas steroid dan yang organik," tutur pria kelahiran 12 November 1973 tersebut.

Di samping itu, dia pun mengurangi karbohidrat. Sebab menurutnya karbohidrat akan diubah badan menjadi gula yang tidak baik untuk kasus kanker. Selain itu, dia juga membatasi segala macam produk.

Olahraga pun tetap Ethan lakukan. Berbekal dari pengetahuannya wacana riset yang menyatakan acara fisik sangat berdampak besar bagi proses remisi pasien kanker, dia menjadi semakin berusaha menerapkannya secara rutin.

Tak hanya sepak bola, Ethan juga melaksanakan olahraga menyerupai tai chi, karate, lari dan juga bersepeda.

"Aku juga tidur cukup. Secara mental juga berusaha untuk mengurangi stres," akunya.

Menariknya Ethan menyukai wisata kuliner, jadi begitu dia berada di Indonesia dia tidak sungkan untuk menyantap hidangan khas Indonesia menyerupai ikan bakar gurame ala Sunda dan juga nasi goreng.

"Aku suka nasi goreng!" serunya bersemangat yang diikuti tawa orang-orang seisi ruangan.

Baca juga: Transformasi Para Penyintas Kanker, Dari Botak dan Pucat Kembali Cantik
Sumber detik.com