Pakai uang APBD, Patung Yesus Tertinggi Di Dunia Senilai Rp 500 Miliar di Tanah Injil Papua segera di Bangun ?


Patung Yesus di Papua dalam proyek Rp500 miliar





  Yes  Muslim  - Pemerintah Provinsi Papua berencana membangun patung Yesus di Jayapura untuk menarik wisatawan dan menunjukkan keragaman Indonesia dengan "Serambi Mekah di barat dan tanah Injil di timur."
Patung setinggi 60 meter itu dijadwalkan akan siap pada 2020 dan bagian dari proyek senilai Rp500 miliar termasuk membangun pelabuhan dan akses dari ibu kota Jayapura ke Puncak Gunung Swajah, rencana lokasi patung Yesus, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Papua, Djuli Mambaya.
"Patung ini adalah simbol keberagaman beragama, simbol keyakinan orang Papua ... dengan di ujung barat ada Serambi Mekah dan di ujung timur ada Serambi Kanaan atau Tanah Injil," kata Djuli kepada BBC Indonesia.

Puncak Gunung Swajah, tempat rencana lokasi patung Yesus.

Djuli mengatakan pembangunan besar ini utamanya ditujukan untuk menarik wisatawan ke pulau di ujung timur Indonesia ini.
Patung Yesus saat ini terdapat di beberapa wilayah Indonesia, termasuk di Toraja, Sulawesi Selatan dan Manado, Sulawesi Utara.
Apa kata para netizen terkait rencana ini? Berbagai pendapat melalui media sosial termasuk dari akun Eva Chatarina yang menulis melalui Facebook, "Saya Katolik, bangga kiranya jika ada dibuat Patung Yesus itu. Tp (tapi) akan lebih bijak jika dana sebesar itu digunakan utk hal2 yg (hal-hal yang) lebih manfaat utk (untuk)kesejahteraan warga di Papua."
Komentar tak setuju juga dilontarkan Husnikamal yang menyatakan, "Saya Muslim, saya berpendapat, lebih baik untuk pendidikan anak-anak Papua dan sandang pangannya saja!"

Patung Yesus di Toraja, Sulawesi Selatan
Namun tak sedikit yang setuju termasuk akun atas nama Sulistiono Su'Ahmad yang menulis, "Saya setuju,tapi dengan dibangun patung Jesus kesejahteraan masyarakat sekitar bisa naik karena wisata."
Patung Yesus ini dibangun dengan biaya tak sedikit karena bagian luar akan dilapisi emas, hasil tambang Freeport, kata Djuli, tanpa merinci berapa dana untuk patung itu sendiri.
Djuli mengatakan rencananya akan dibangun lift agar pengunjung dapat menikmati pemandangan Jayapura dari atas melalui bagian mata patung.

Patung Yesus di Toraja, Sulawesi Selatan

Anggota DPR Papua, Sinut Busup, dari komisi yang membidangi infrastruktur mengatakan rencana pembangunan ini sudah ada sejak tahun 2009 dan baru kali ini ditetapkan dimulainya pembangunan.
"Yang akan dibangun termasuk pelabuhan internasional agar arus untuk pariwisata bisa masuk, juga akan ada museum yang menceritakan tentang bagaimana Injil bisa masuk Papua," kata Sinut.
Djuli mengatakan rencananya akan dibangun lift agar pengunjung dapat menikmati pemandangan Jayapura dari atas melalui bagian mata patung.
Anggota DPR Papua, Sinut Busup, dari komisi yang membidangi infrastruktur mengatakan rencana pembangunan ini sudah ada sejak tahun 2009 dan baru kali ini ditetapkan dimulainya pembangunan.
"Yang akan dibangun termasuk pelabuhan internasional agar arus untuk pariwisata bisa masuk, juga akan ada museum yang menceritakan tentang bagaimana Injil bisa masuk Papua," kata Sinut.


Rencana Pembangunan Patung Yesus Senilai Rp 500 Miliar di Papua Menuai Kecaman



garda cakrawala - Rencana pemerintah Provinsi Papua membangun patung Yesus termegah di dunia dengan anggaran sekitar Rp 300 – Rp 500 miliar rupanya tidak sepenuhnya mendapat persetujuan dari DPR Papua.

Anggota Komisi IV DPRP bidang infrastruktur, Yan P Mandenas, mengatakan bahwa pembangunan patung bukan hal yang terlalu penting. Apalagi saat ini sudah ada patung serupa di Pulau Mansinam, Papua Barat sebagai simbol keagamaan di tanah Papua. Karena itu dia menyarankan supaya Pemprov Papua lebih baik fokus untuk membangun rumah ibadah untuk umat Kristen maupun agama lainnya.

“Lebih baik membangun rumah ibadah, baik Kristen maupun agama lain,” kata Yan Mandenas kepada detikcom belum lama ini. Yan menyebutkan, jika patung tetap dibangun, maka diharapkan dananya tak lebih dari Rp 5 miliar.

“Kita belum memastikan jumlah anggaran. Kita mesti hitung kembali karena selain patung, juga ada tambahan pembangunan museum,” kata Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura.

Menurut, Lukas Enembe, keberadaan patung Yesus dan museum yang dibangun nantinya menjadi representasi dari pekabaran Injil di Tanah Papua. Harapannya, orang yang akan berkunjung dapat melihat secara langsung parade sejarah pekabaran injil di Tanah Papua yang ditampilkan di museum tersebut.

“Kita tentu ingin memberikan yang terbaik bagi masyarakat Papua dengan pembangunan monumental ini. Patung ini tentu diharapkan bisa lebih (bagus dan megah) dari patung di Rio De Janeiro Brazil,” ujar Lukas.

Sebagaimana diketahui, Pemprov Papua akan membangun patung Yesus Patung yang memiliki tinggi sekitar 50-67 Meter untuk bodinya, sedangkan landasannya sekitar 100 meter di atas lahan seluas enam hektar di Gunung Sowaja, Kota Jayapura.

Patung ini rencanya akan dilengkapi berbagai sarana pendukung seperti gedung tiga lantai sehingga nantinya dapat digunakan sebagai daerah tujuan wisata rohani. Patung ini rencananya akan segera dikerjakan dan selesai sesuai target sebelum 2020.

“Patung ini adalah simbol keberagaman, simbol keyakinan orang Papua, dengan di ujung Barat ada Serambi Makkah dan di ujung Timur ada Serambi Kanaan atau Tanah Injil,” ucap Djuli Mambaya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Papua dikutip laman Papuatoday.

Djuli menyampaikan tujuan pembangunan patung ini adalah untuk menarik wisatawan ke tanah Papua. Keunikan dari patung ini, kata Djuli, adalah bagian luar patung akan dilapisi emas, hasil tambang Freeport.

“Tanah Papua kaya akan emas, sehingga harus memunculkan simbol Papua pada patung tersebut,” katanya Djuli.

Tak hanya itu, di dalam Patung Yesus akan dibangun sebuah lift, agar pengunjung dapat menikmati pemandangan Jayapura dari atas melalui bagian mata patung.

Sementara pematung yang akan mengerjakan pembangunan patung ini adalah pemahat kenamaan Noor Ibrahim, yang sudah banyak membuat karya pahat dan lukis seputar Yesus dan jalan salib. Nantinya dia akan dibantu oleh rekan seprofesi Didit Affandi, yang adalah cucu pelukis Affandi.

Jika pembangunan Patung Yesus ini direalisasikan, Papua diprediksi akan menjadi kota ketiga yang memiliki Patung Yesus menyusul Manado dan Tana Toraja. [htl]



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Berbagi informasi bermanfaat juga termasuk amal loh .... Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya @Tahukah.Anda.News


ADA BERITA MENARIK ! 
SCROLL KE BAWAH ! 


Sumber | republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !