Langsung Memakan Buah saat Berbuka Puasa, Bolehkah?

  Yes  Muslim  - Hampir semua orang menyukai buah. Hal ini karena buah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, tahukah kamu jika mengonsumsi buah di saat yang tidak tepat justru manfaatnya tidak akan di serap oleh tubuh? Terlebih, mengonsumsinya sebagai menu pertama saat berbuka puasa.



Mengapa demikian?
Menurut ahli gizi Leona Victoria Djajadi, saat kita berpuasa selama kurang lebih 13 jam, metabolisme tubuh berganti dari karbohidrat menjadi mengolah lemak sebagai sumber energi utama. Sehingga, buah tidak disarankan menjadi makanan pertama yang dimakan saat berbuka puasa.
“Tidak ada makanan masuk sekitar 13 jam ke dalam tubuh karena berpuasa. Sehingga lebih baik mengonsumsi sesuatu yang mempunyai lemak,” ujar Leona saat dihubungi kumparan (kumparan.com), Sabtu (20/5).
Selain makanan yang mengandung lemak, Leona menyarankan agar orang-orang mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat ketika berbuka puasa.
“Selain lemak, ada baiknya untuk makan sesuatu yang mengandung karbohidrat dan protein agar pergantian metabolismenya tidak terlalu drastis,” kata Leona.
Adapun makanan dan minuman yang mengandung lemak, protein dan karbohidrat, contohnya adalah bihun, roti, cokelat, sereal, ikan, telur, susu dan sirup.



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !